Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
Vol. 1 No. 2 (2022): December

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau

Putri, Riski Amanda (Unknown)
Frima, Aren (Unknown)
Rosalina, Elya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Populasi kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 42 siswa. Sampel yang diambil yaitu kelas IV.A yang berjumlah 22 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling yang dilakukan secara acak. Pengumpulan data dengan menggunkan teknik tes dalam bentuk Essay. Data yang dikumpulkan setelah analisis dengan menggunakan uji-t satu sampel pada taraf signifikan =0,05 diperoleh = 2,59 = 1,72 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing secara signifikan tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,86.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. Kami merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Kami dapat memproses naskah penelitian pengembangan ...