Jurnal Agro Nusantara
Vol. 4 No. 2 (2024): JURNAL AGRO NUSANTARA

TATA NIAGA DAN FUNGSI PEMASARAN BAWANG MERAH VARIETAS LEMBAH PALU DI KECAMATAN PALU UTARA KOTA PALU

Nurdin, Muh Fahruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2024

Abstract

Pemasaran sangat menentukan kinerja usahatani dan pendapatan petani bawang merah varietas lembah palu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tataniaga komoditas bawang merah lembah palu dan serta fungsi pemasaran tiap lembaga. Penentuan responden petani dengan cara sensus yaitu mengambil keseluruhan populasi untuk dijadikan sampel sebanyak 18 responden petani, penentuan responden mitra dan pedagang dengan cara penjajakan yaitu 1 mitra, 1 pedagang pengumpul, dan 2 pedagang pengecer. Hasil analisis menjukkan bahwa terdapat dua bentuk tataniaga pemasaran bawang merah di Kecamatan Palu Utara Kota Palu yaitu: (1) Petani menjual bawang merah kepada mitra kemudian mitra menjual kembali ke konsumen akhir, (2) Petani menjual kepada pedagang pengumpul lalu pedagang pengumpul menjual kepada pedagang pengecer dan pedagang pengecer menjual ke konsumen akhir. Margin total pemasaran saluran pertama yaitu Rp45.000/kg dan margin total pemasaran saluran kedua yaitu Rp15.000/kg. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama yaitu sebesar 50% dan bagian harga pada saluran kedua yaitu sebesar 72,73%. Selain itu terdapat berbagai fungsi pemasaran yang berbeda pada tiap lembaga yang terlibat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAN

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agro Nusantara yang merupakan jurnal agribisnis yang focus terhadap kajian ilmiah yang berkaitan dengan konsep strategi pengembangan pasar , prilaku konsumen, kajian usahatani, peningkatan pendapatan petani, teknologi dan dan pengolahan bidang pertanian. Budidaya tanaman, manajemen perkebunan ...