Jurnal el-Huda: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan
Vol. 15 No. 01 (2024): Jurnal el-Huda

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Negeri 22 Mataram dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Tahun Ajaran 2023/2024

Musdalifah (Unknown)
Mudena (Unknown)
Baiq Erna Sofyanti Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem based learning (PBL) pada pembelajaran tematik tema 8 di kelas III SD Negeri 22 Mataram tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data kuantitatif menggunakan hasil tes evaluasi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 22 Mataram dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 orang. Hasil penelitian secara umum menunjukan adanya peningkatan presentase hasil belajar peserta didik pada pra siklus memperoleh hasil 57% atau sebanayak 12 orang peserta didik lulus diatas nilai KKM, kemudian pada pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 75% atau sebanayak 15 orang peserta didik lulus diatas nilai KKM, dan meningkat menjadi 95% pada siklus II dengan capaian hampir seluruh siswa lulus KKM yang artinya bahwa penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 22 Mataram tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

el-huda

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

El-Huda adalah jurnal yang berisi artikel hasil dari penelitian pada bidang pendidikan, sosial, dan keagamaan yang dilakukan oleh akademisi maupun praktisi di bidang tersebut. El-Huda merupakan salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Qamarul Huda. El- Huda merupakan jurnal yang ...