Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 7 No 3 (2023)

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

Wandini, Rora Rizki (Unknown)
Siregar, Amandha Fhadillah (Unknown)
Ramadhani, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini diharapkan dapat melihat kecukupan pemahaman berbasis isu terhadap hasil belajar siswa pada materi pengelompokan matematika. Metodologi yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah metodologi kuantitatif dengan jenis pemeriksaan eksploratif. Ujian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas uji coba. Siswa MP 1 sebagai kelas uji coba dan TI 1 sebagai kelas kontrol dalam ujiannya. Contoh jaminan dalam penelitian ini dilakukan secara sewenang-wenang. Peralatan yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah soal pre-test dan soal post-test. Hasil belajar tersebut menunjukkan bahwa keaktifan pembelajaran gabungan isu terhadap hasil belajar siswa pada materi susunan juggling bilangan sangat penting jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran alamat. Berdasarkan hasil ujian tersebut, disarankan bagi guru untuk memanfaatkan issue based advanced sebagai jawaban dalam pembelajaran number-crunching di ruang belajar. Kata kunci : Barisan Aritmatika, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah Abstract This research is expected to be able to see the adequacy of issue-based understanding of student learning outcomes in mathematics grouping material. The methodology used in this exploration is a quantitative methodology with an exploratory examination type. This exam uses two classes, namely the control class and the trial class. MP 1 students as the test class and TI 1 as the control class in the exam. The examples of guarantees in this research were carried out arbitrarily. The equipment used in this exploration is pre-test questions and post-test questions. These learning results show that the activeness of combined issue learning on student learning outcomes in the number juggling arrangement material is very important when compared with the learning outcomes of students who use address learning. Based on the test results, it is recommended for teachers to utilize issue based advanced as an answer in number-crunching learning in the study room. Keywords : Arithmetic Sequence, Problem-Based Learnning,Learningoutcomes

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...