An-Nidhom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 8 No 1 (2023): Vol 8 No 1 (2023) : Juni 2023

Epistemologi Sebagai Metodologi Landasan Ilmiah Untuk Pengembangan Teori Baru Bidang Manajemen Pendidikan Islam

Muqopie, Abdullah (Unknown)
Syarifudin, Encep (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Epistemologi atau teori ilmu pengetahuan merupakan kajian yang berguna, karena ia membahas aspek kehidupan manusia yang amat fundamental yaitu ilmu pengetahuan. Epistemologi mengkaji secara filosofis tentang asal, struktur, metode, validitas dan tujuan ilmu pengetahuan. Artikel ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Ilmu pendidikan Islam bukanlah merupakan bangunan abadi, karena ilmu sebenarnya merupakan sesuatu yang tidak pernah selesai. It is a never-ending process. Epistemologi sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan Kendati ilmu didasarkan pada kerangka objektif, rasional sistematis, logis, empiris, dan wahyu sumber-sumber ilmu pengetahuan: (1) pancaindra yang telah menghasilkan pengetahuan, dimana hakikat pengetahuan ini adalah "a phenomena or a show of the object known"; (2) rasio atau verstand, suatu konsep atau pengertian dari objek yang ingin diketahui, maka pengetahuan di sini sama dengan kognisi(kesadaran); (3) otoritas atau penguasaan ilmu pengetahuan; dan (4) wahyu, di mana pengetahuan yang didapatinya tidak lagi berdasarkan penalaran melainkan kepada keyakinan dan kepercayaan dirinya tentang sesuatu yang diyakini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

annidhom

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

An-Nidhom : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam merupakan jurnal yang dipublish oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal ini menerbitkan karya tulis ilmiah berupa artikel dari kalangan Mahasiswa, Dosen, Peneliti dan Scholar lainnya dalam ...