jurnal informatika dan industri
Vol. 15 No. 01 (2021): CYBER-Techn

ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN MPSK (Studi Kasus pada Perusahaan Rokok Harapan Sejati Nganjuk)

Widiyati (Unknown)
Yuli Minartiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2021

Abstract

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi belakangan ini, perusahaan dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Perusahaan dirasa perlu merencanakan dan menyusun strategi bisnis apa yang sebaiknya diambil oleh perusahaan Rokok Harapan Sejati berdasarkan evaluasi faktor-faktor lingkungan perusahaan dan bagaimana menerapkan strategi tersebut ke dalam perusahaan. Dengan metode penelitian menggunakan matrik SWOT (Stenghts, Weakness, Oppurtunities, Threat) dan matrik MPSK (Matrik Perencanaan Strategi Kuantitatif) diharapkan dapat memberikan suatu langkah penyelesaian yang kongkret sehingga perencanaan strategis dalam mengambil suatu keputusan pada level top manajemen dapat terjawab dan terealisasi langsung dalam perusahaan. Terjadap 7(tujuh) faktor lingkungan eksternal dan 9 (sembilan) faktor lingkungan internal yang mempengaruhi Perusahaan Rokok Harapan Sejati secara signifikan. Masing-masing faktor lingkungan dievaluasi dalam matrik evaluasi faktor eksternal dan internal. Setelah memformulasikan alternatif strategi dengan mengkombinasikan masing-masing faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Maka terdapat 7 (tujuh) alternatif strategi, dimana dari hasil penilaian masing-masing alternatif strategi ini kita dapatkan bahwa alternatif strategi yang paling tinggi penilaiannya adalah alternatif strategi selalu meningkatkan kualitas dan variasi produk.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cybertechn

Publisher

Subject

Computer Science & IT Industrial & Manufacturing Engineering

Description

CYBER-TECHN adalah Jurnal Nasional yang menyajikan sejumlah tulisan yang berkaitan dengan Teknik Industri dan Teknik Informatika dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan informatika, teknik dan manajemen industri berdasarkan hasil penelitian dengan didukung data yang besifat ...