jurnal informatika dan industri
Vol. 16 No. 02 (2022): CYBER-Techn

PENERAPAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU BENANG DENGAN METODE PERAMALAN (FORECASTING) (Studi Kasus Pada PT. Lotus Indah Textile Industries Nganjuk)

Siti Maisaroh (Unknown)
Denny Kurniawati (Unknown)
Bakti Yulisar (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2022

Abstract

Peramalan adalah hal yang penting dilakukan sebelum pengambilan keputusan oleh manajemen, Adanya peramalan didukung dengan adanya data yang akurat dan pemilihan metode yang tepat sehingga peramalan bisa dilakukan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apakah yang paling tepat diantara metode Moving Average dan Exponential Smoothing dan untuk mengetahui jumlah persediaan bahan baku benang pada PT.Lotus Indah Textile Industries pada tahun 2017 berdasarkan metode yang terpilih.Data yang dianalisis menggunakan metode Moving Average 4 bulanan Moving Average 5 bulanan, Exponential Smoothing dengan α = 0.80 ; α= 0,85 dan α= 0,90. Kemudian setelah kita menganalisa data-data tersebut kita memilih metode apa yabg paling tepat digunakan dengan menghitung tingkat kesalahan (Forecast Error) dari masing-masing metode. Adapun pengukuran tingkat kesalahan tersebut menggunakan MAD dan Tracking Signal. Dari hasil analisis metode Exponential Smoothing dengan α = 0,90 dengan MAD = 250.0155 dan Tracking Signal = 51.67 dan persediaan bahan baku benang di tahun 2017 untuk jenis Polyester adalah sebesar 1132 dan bahan baku jenis Rayon sebesar 574, adalah metode yang paling tepat digunakan untuk peramalan persediaan bahan baku du PT.Lotus Indah Textile.Tujuan dari penelitian ini adalah agar penelitian yang telah dilakukan hasilnya dapat memberikan manfaat yang sesuai dengan harapan yang dikehendaki.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cybertechn

Publisher

Subject

Computer Science & IT Industrial & Manufacturing Engineering

Description

CYBER-TECHN adalah Jurnal Nasional yang menyajikan sejumlah tulisan yang berkaitan dengan Teknik Industri dan Teknik Informatika dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan informatika, teknik dan manajemen industri berdasarkan hasil penelitian dengan didukung data yang besifat ...