JURNAL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Vol 1, No 2 (2013)

PENGARUH KEBUGARAN JASMANI, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KECERDASAN EMOSI SECARA BERSAMA-SAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Guntoro, Tri Setyo ( Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kebugaran jasmani, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik perempuan kelas X semester gasal tahun pelajaran 2012/2013 SMA Negeri 1 Nimboran Kabupaten Jayapura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan teknik korelasional dengan menggunakan empat macam variabel yang terdiri dari tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Penelitian ini menggunakan sampel peserta didik perempuan kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2012 / 2013 SMA Negeri 1 Nimboran Kabupaten Jayapura yang berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk umur 16 – 19 tahun, tes kecerdasan intelektual (IQ), formulir pernyataan untuk kecerdasan emosional, dan buku raport siswa. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kebugaran jasmani, tingkat kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar yang diketahui berdasarkan besarnya nilai F hitung (11,220) yang lebih besar dari F tabel (2,911). Adapun besarnya sumbangan ketiga variabel bebas tersebut terhadap variabel terikat adalah sebesar 51,1%. Kata kunci: Kebugaran jasmani, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, prestasi belajar

Copyrights © 2013