Proses tumbuh kembang anak dapat berlangsung secara alamiah, tetapi proses tersebut sangat tergantung kepada orang dewasa atau orangtua. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, dapat didapatkan dari pengalaman individu, interaksi dengan lingkungan, dan proses pembelajaran itu sendiri. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat pengaruh brain gym terhadap tingkat konsentrasi belajar pada siswa sekolah dasar yaitu antara lain penelitian yang dilakukan oleh Pramesti pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tonja Denpasar Utara didapatkan hasil penelitan terhadap kelompok intervensi mampu meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa. Desain penelitian ini menggunakan metode literature review yaitu sebuah sintesa dari literatur tentang topik penelitian, literature review disusun dengan bersumber pada buku, jurnal serta publikasi lainnya terkait dengan topik yang diteliti Swarjana. Penelitian Wahyu Nur Pratiwi dan Yuan Guruh Pratama dengan judul Brain Gym Optimizing Concentration on Elementary Students menghubungkan akal (mind) dan tubuh (body). Hasil penelusuran dari 7 jurnal yang sudah didapatkan, terdapat pengaruh meningkatkan konsentrasi siswa melalui brain gym, dan dari 7 penelitian mampu menunjukkan hasil yang signifikan.
Copyrights © 2023