Pandemi Covid-19 mengubah perekonomian dunia yang signifikan mempengaruhi perubahan kebutuhan masyarakat. Salah satu nya berdampak pada Bojjo Cafe & Eatery di bidang F&B khususnya kopi. Masyarakat cenderung meminum kopi untuk nongkrong, belajar, dan nyantai yang menyebabkan tingginya minat konsumsi terhadap kopi. Oleh sebab itu, munculnya banyak persaingan di bidang ini sehingga diperlukan strategi dan inovasi baru untuk mempertahankan identitas usaha. Maka dari itu jurnal ini bertujuan untuk 1) meningkatkan brand awareness, brand interest dan brand loyalty Bojo Cafe & Eatery dengan strategi marketing dan teknik industri yang tepat 2) membangun competitive advantage dan positioning pada Bojo Cafe & Eatery. Paper ini diharapkan dapat memberikan solusi dan inovasi yang bermanfaat untuk menerapkan strategi yang efektif serta dapat memberikan referensi dan dukungan kepada UMKM yang sedang berjuang. Dalam menganalisis, jurnal ini menggunakan analisa PESTLE (Politic, Ekonomic, Sosial, Technology, Legal, Enviroment) untuk menentukan strategi terbaik serta pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi untuk pengumpulan data. Untuk mencapai tujuan, strategi yang diterapkan diantaranya 1) Bojjo Cafe & Eatery Level Up 2) SuperB-card (Membership Bojjo Card) 3) It’s Bojjo Time (Signature Exclusive Menu) 4) Xperience with Bojjo dan 5) Human Resource Empowerment. Hasil jurnal ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness, brand interest dan brand loyalty serta membangun competitive advantage dan positioning Bojo Cafe & Eatery.
Copyrights © 2023