Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis
Vol 1 No 2 (2023): September 2023

ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SAMASE DI JAKARTA

Febriansyah, Rifqi (Unknown)
Nastiti, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Permintaan terhadap pakaian muslim meningkat pesat. Hal ini berlangsung karena kenaikan populasi umat Islam setiap tahunnya, sehingga perusahaan fashion harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Samase, sebagai perusahaan fashion, memiliki komitmen yang kuat dalam memenuhi hak-hak konsumen, khususnya dalam memenuhi permintaan konsumen Muslim. Indikasi dari tekad ini dapat diamati melalui jumlah mitra/jaringan distribusi Samase yang tersebar di area DKI Jakarta. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan tujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh brand awareness, brand image, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Samase di Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan aplikasi SmartPLS (V.3.29). Hasil dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa: (1) Brand awareness memberikan dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan pengaruh jalur sebesar 0,515. (2) Brand image juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan pengaruh jalur sebesar 0,286. (3) Selain itu, harga juga mempengaruhi keputusan pembelian secara positif & signifikan, dengan pengaruh jalur sebesar 0,141. Secara keseluruhan, brand awareness, brand image, dan harga secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 0,733 (73,3%) terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 0,267 (26,7%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Serina Ekonomi dan Bisnis adalah wadah publikasi hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Dosen, Mahasiswa, maupun Praktisi dan telah didesiminasikan pada seminar nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tarumanagara (SERINA dan ...