Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja dan implikasinya pada kinerja karyawan pada karyawan divisi pembukaan rekening online site BSD PT Bank Central Asia, Tbk. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi 201 orang. Untuk penentuan sampel menggunakan random sampling dan dengan menggunakan rumus slovin sehingga sample yang digunakan menjadi 134 responden karyawan yang ada di PT Bank Central Asia Tbk khususnya divisi pembukaan rekening online, kuesioner yang disebarkan kepada responden berisi 50 butir pernyataan. Pernyataan dibuat berdasarkan skala pengkuran yaitu Skala Likert. Pengukuran variabel yang dijabarkan menjadi indikator variabel dengan instrumen tertentu yang dinyatakan dalam bentuk angka. Rentang angka akan diperoleh kategori dari jawaban responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan teknik analisis data menggunakan partial least squares dengan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial a)kepemimpinan tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. b) lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. c) motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. d) kepemimpinan tidak berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan. e) lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. f) motivasi Kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. g) kepuasan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan. R Square Adjusted menjelaskan variasi konstruk kepuasan kerja yang dapat dijelaskan oleh variasi konstruk kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi kerja yakni sebesar 40,7%. Pada R Square Adjusted konstruk kinerja karyawan dapat dijelaskan dipengaruhi oleh kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi kerja melalui kepuasan kerja sebesar 57,3%.
Copyrights © 2024