JPKO Jurnal Pendidikan dan Kepelatihan Olahraga
Vol. 2 No. 01 (2024): JPKO : Jurnal Pendidikan dan Kepelatihan Olahraga

Pendidikan Jasmani yang Inklusif Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar

Allysha Saba, Allysha (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Pendidikan inklusif memastikan anak-anak penyandang disabilitas mendapatkan layanan yang setara tanpa diskriminasi, termasuk dalam bidang pendidikan jasmani. Tinjauan pustaka ini memberikan gambaran komprehensif tentang strategi, tantangan, dan dampak implementasi pendidikan jasmani inklusif untuk siswa berkebutuhan khusus. Melalui analisis literatur, kami menjelaskan pendekatan terbaik untuk meningkatkan partisipasi dan pengalaman positif siswa dalam aktivitas fisik. Artikel ini menyoroti pentingnya pembelajaran jasmani yang adaptif dan inklusif untuk memenuhi kebutuhan fisik, sosial, dan emosional siswa berkebutuhan khusus. Meskipun masih ada tantangan seperti minimnya pengetahuan tentang strategi adaptif dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai, pendidikan jasmani inklusif memberikan manfaat signifikan bagi perkembangan holistik siswa berkebutuhan khusus. Studi ini mengusulkan strategi pembelajaran efektif untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa berkebutuhan khusus dalam aktivitas jasmani di sekolah dasar. Pendidikan jasmani inklusif di sekolah dasar merupakan langkah kunci dalam mewujudkan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan bagi semua anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpko

Publisher

Subject

Education

Description

Focus & Scope research articles, which include Sport Pedagogy; Comparative PE and Sport; Games; Biomechanics & Motor Control; Sports Medicine; Sport and Exercise Physiology; Sport and Exercise Psychology; Sports Coaching Theory and Methodology; Physical Conditioning; Sports Biomechanics; Anatomy; ...