Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari

Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Tofani, Lelis (Unknown)
Pagarra, Hamzah (Unknown)
Sayidiman, Sayidiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) Sekolah Dasar Negeri (SDN) Maccini 2 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi dua pertemuan dengan tahapan kegiatan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah pada model cooperative learning tipe jigsaw dan hasil belajar siswa, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV UPT SPF SDN Maccini 2 Kota Makassar yang berjumlah 29 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data mencakup analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, hasil belajar siswa termasuk dalam kategori rendah, namun pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan hingga kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV UPT SPF SDN Maccini 2 Kota Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mindset

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang bertujuan untuk mempromosikan beragam hasil penelitian baik studi literatur, maupun studi empiris yang dilakukan para peneliti, tenaga profesional, aparatur sipil negara, ...