Rendahnya hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 36 Samarinda dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih banyak belum mencapai nilai KKM dilihat dari hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) I. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media video pembelajaran efektif atau tidak terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal, serta daya pembeda yang diuji dengan bantuan aplikasi IBM SPSS version 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi daripada rata-rata nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam tanpa menggunakan media video pembelajaran. Hasil posttest uji independent sample t-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka bisa dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda.
Copyrights © 2024