Kebijakan pendidikan Islam yang diimplementasikan tentu merupakan hal yang kompleks, sehingga pelaksanaannya harus terus dipantau dan dievaluasi agar berjalan lancar. Adanya faktor-faktor komunikasi, sumber daya manusia, disposisi, dan struktur di dalam sekolah dapat menyebabkan implementasi kebijakan pendidikan Islam tidak berjalan lancar, termasuk di lingkungan SDN 013 Palaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pendidikan Islam dan strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di SDN 013 Palaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dihasilkan dari data wawancara, kemudian dianalisis dengan tahapan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kebijakan pendidikan Islam di SDN 013 diimplementasikan melalui pembelajaran PAI BP berdasarkan kurikulum merdeka, yang didukung dengan program-program lainnya di luar pembelajaran. Strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di SDN 013 akan melibatkan seluruh civitas academica beserta orang tua siswa untuk memaksimalkan kebijakan pendidikan Islam di sekolah.
Copyrights © 2024