Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya modul pembelajaran matematika yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang pernah dikembangkan pada sekolah dasar kelas V di salah satu sekolah dasar negeri di Kabupaten Bima. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis PBL pada materi pecahan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan tipe 4-D terdiri dari define, design, development, dan disseminate. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validitas dan praktikalitas. Pada proses validasi modul divalidasi oleh dosen. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh satu orang guru dan 26 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis PBL pada materi pecahan siswa kelas V dinyatakan termasuk kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata validitas 90,85% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata praktikalitas 93,58%. Lebih lanjut berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai sumber belajar pembelajaran matematika kelas V SD.
Copyrights © 2023