Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2024): Volume 5 No 1 Tahun 2024

STOCKLAB SEBAGAI MEDIA PENGUATAN LITERASI PASAR MODAL SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK

Meutianingrum, Farah Juniati (Unknown)
Yakin, Ikram (Unknown)
Mbere, Virani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia relative masih rendah, terutama terkait Pasar Modal. Dibandingkan dengan literasi produk keuangan lainnya pasar modal adalah salah satu yang paling rendah di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) sangat massif mengedukasi masyarakat terkait pasar modal. Sala satu media pembelajaran pasar modal yang dikenalkan oleh OJK dan BEI adalah permainan Stocklab. Permainan ini menghadirkan suasana transaksi di BEI. Melalui pengenalan keuangan yang menarik seperti Permainan Stocklab lebih membuat penyampaian materi yang terkesan berat menjadi lebih menyenangkan. Sehingga pemahaman tentang keuangan khususnya terkait investasi di Pasar Modal menjadi lebih mudah dipahami khususnya di kalangan remaja termasuk siswa sekolah menengah atas. Remaja dan rasa ingin tahunya yang tinggi perlu untuk diarahkan kepada kegiatan yang bermanfaat. Pengenalan tentang kesadaran pengelolaan keuangan adalah salah satunya. Dengan memahami keuangan sejak dini, remaja diharapkan mampu merencanakan keuangan, dan memanfaatkan layanan keuangan seperti investasi di Pasar Modal sedini mungkin.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...