Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2024): Volume 5 No. 2 Tahun 2024

PENGARUH E-COMMERCE DAN SISTEM INFORMASI AKUNTASI TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SURVEY PADA UMKM DI KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG)

Handayani, Liliani Suratan (Unknown)
Syafitri, Lili (Unknown)
Putri, Andini Utari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh E-commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Tingkat Pendapatan UMKM dalam survey pada pelaku UMKM di Kecamatan Alang- Alang Lebar Kota Palembang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 19.800 UMKM yang merupakan seluruh UMKM yang berada di wilayah Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga di dapatlah jumlah sample sebanyak 92 responden. Proses pengambilan sample dalam penilitian ini dilakukan secara acak (random). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji autokorelasi, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS version 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel e-commerce berpengaruh terhadap tingkat pendapatan UMKM, variabel sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap tingkat pendapatan UMKM dalam uji secara parsial. Selanjutnya, Variabel e-commerce dan sistem informasi akuntansi dalam uji secara simultan berpengaruh secara positif terhadap tingkat pendapatan UMKM. Kemampuan variasi variabel independent mampu mempengaruhi variabel dependent sebesar 9,3% dalam uji koefisien determinasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...