Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERDIFFERENSIASI PADA KONSEP BILANGAN KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH PERSIAPAN NEGERI 2 KEEROM (MIPN 2 KEEROM)

Wati, Nailah Farafishah Wisuda (Unknown)
Rokhmah, Siti (Unknown)
Efendi, Didik (Unknown)
Rofiqi, A. Arif (Unknown)
Viratama, Ika Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Artikel ini membahas tentang Peran guru dalam pembelajaran differensiasi pada konsep bilangan di kelas II MIPN 2 Keerom. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran differensiasi pada konsep bilangan di MIPN 2 Keerom. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Persiapan Negeri 2 Keerom, Provisnsi Papua. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran differensiasi adalah: (1) membagi kelompok dalam pembelajaran differensiasi untuk mengakomodasi perbedaan dalam kemampuan, gaya belajar, minat dan kebutuhan masing-masing siswa. (2) membimbing dan mengarahkan setiap kelompok sesuai dengan gaya belajar. (3) menciptakan lingkungan yang kondusif didalam kelas agar siswa percaya diri dan termotivasi untuk meningkatkan minat belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...