Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KESIAPAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AL-ITTIHAD AEK NABARA KEC.BILAH HULU. KAB.LABUHAN BATU

nasution, Khairunnisa (Unknown)
Maisaroh Ritonga (Unknown)
Bsyarul Ulya Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Kesiapan Guru Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Aek Nabara.Kec.BilahHulu.Kab.Labuhan Batu, baik secara Tes maupun Non Tes. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Aek Nabara, waktu penelitian dari bulan Maret sampai Mei 2024 yang tidak dapat ditentukan jumlahnya. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus crombach alpha dengan jumlah 25 orang dan Metode analisis yang dipergunakan adalah metode analisis Tes, Uji Validitas Tes, Reliabilitas , dan Uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka berpengaruh dan signifikan terhadap kesiapan gurur di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Aek Nabara. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa thitung < ttabel yaitu 3,195 < 1,710 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan antara penerapan kurikulum merdeka terhadap kesiapan gurur di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Aek Nabara.Kata Kunci: Penerapan Kuikulum Merdeka, Kesiapan Guru AbstractThis research aims to determine the influence of implementing the Merdeka Curriculum on the Readiness of Islamic History and Culture Teachers at Madrasah Aliyah Al-Ittihad Aek Nabara. Kec. BilahHulu. Kab. Labuhan Batu, both through tests and non-tests. The population in this study were teachers at Madrasah Aliyah Al-Ittihad Aek Nabara, the research period was from March to May 2024, the number of which could not be determined. Determining the number of samples used the Crombach alpha formula with a total of 25 people and the analysis method used was the Test analysis method, Test Validity Test, Reliability, and Hypothesis Test. ‎The results of partial hypothesis testing (t test) show that the implementation of the independent curriculum has a significant and significant effect on teacher readiness at Madrasah Aliyah Al-Ittihad Aek Nabara. The results of the hypothesis test show that tcount < ttable, namely 3.195 < 1.710, so H0 is rejected and Ha is accepted, so there is a significant influence between the implementation of the independent curriculum on teacher readiness at Madrasah Aliyah Al-Ittihad Aek Nabara.Keywords: Implementation of Independent Curriculum, Teacher Readiness

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...