Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP)
Vol 7 No 2 (2024): Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran)

Pengaruh Bermain Catur terhadap Kemampuan Komunikasi Berbahasa Ekspresif pada Anak Autisme

Putra, Muchlis Adi (Unknown)
Ariyanto, Dedy (Unknown)
Udhiyanasari, Khusna Yulinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Anak autis hipoaktif ditunjukkan dengan kemampuan komunikasi berbahasa ekspresif yang kurang sehingga menyebabkan anak sulit untuk menyampaikan dengan berbahasa ekspresif. Anak juga cenderung pasif dan tidak memiliki minat untuk melakukan aktivitas gerak serta lebih suka menyendiri ketika melihat teman-temannya bermain. Untuk membantu anak autis hipoaktif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi berbahasa ekspresif, diperlukan suatu permainan yang menarik minat anak untuk melakukan komunikasi yaitu melalui bermain permainan catur. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi berbahasa ekspresif sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan permainan catur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian single subject research (SSR) dengan desain A-B. Hasil dari penelitian dilakukan menunjukkan bahwa intervensi menggunakan permainan catur memberikan pengaruh terhadap kemampuan berbahasa ekspresif pada anak autis. Hasil tersebut dibuktikan dengan Persentase overlape dari perbandingan intervensi (B): baseline (A1). Dari persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan catur efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak autis. Kata Kunci: Autis Hipoaktif, Berbahasa Ekspresif, Catur, Permainan

Copyrights © 2024