el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 4 No. 1 (2024): (Maret 2024)

Model Reward and Punishment dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Khairi, Umul (Unknown)
Kurniawan, Sugeng (Unknown)
Wiseza, Fitria Carli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kedisiplinan belajar siswa dengan menggunakan model Reward And Punishment di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 32/VIII Kecamatan Serai Serumpun Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini menggunakan Model Stephen Kemmis dan Robin McTanggar. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini dalam Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan data pengamatan kedisiplinan belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 dengan jumlah siswa 16 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Sebelum dilakukan Tindakan dengan Model Reward dan Punishment kedisiplinan siswa masih tergolong pada kriteria yang sangat kurang yaitu 40% dari 16 siswa, 6 siswa yang disiplin dan 10 siswa yang kurang disiplin. Oleh karena itu perlu di lakukan tindakan menggunakan Model Reward dan Punishment pada siklus I kedisiplinan belajar di dalam kelas 54,44% berada pada kriteria sangat kurang dan meningkat pada siklus II yaitu 79,01% berada pada kategori cukup dan telah memenuhi kriteria keberhasilan Tindakan. Jadi kedisiplinan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 79,01% dengan menggunakan model reward dan punishment.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

el-Madib

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam the journal is published by Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Basic Education. The languages used in this journal are ...