Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 1 (2024): YAA BUNAYYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PENERAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL PADA ANAK DENGAN MASALAH PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DI KB AL BAITUL AMIEN KABUPATEN JEMBER

Putri Wahyudi, Novelia Cahya (Unknown)
Aisiyah, Laily Nur (Unknown)
Saputri, Senny Weyara Dienda (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Program pembelajaran individual adalah program pembelajaran yang diberikan berdasarkan kebutuhan setiap siswa, berpusat pada siswa dan bekerja pada siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan program pembelajaran individual pada anak dengan masalah perkembangan sosial emosional di KB Al Baitul Amien Kabupaten Jember tahun ajaran 2022-2023. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dokumentasi dan triangulasi data. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2023. Bertempat di kelas Umar Bin Khattab, KB Al Baitul Amien Kabupaten Jember. Subjek dalam penelitian ini yakni seorang anak dengan inisial Ananda E usia 4 tahun. Hasil yang ditemukan penerapan program pembelajaran individual di KB Al Baitul Amien lebih kepada usaha guru untuk membuat anak belajar dalam situasi yang tenang, sehingga anak lebih fokus pada kegiatan atau tugas yang diberikan guru. Dalam penerapan PPI tidak melalui prosedur seperti rujukan, asesmen, identifikasi, analisis layanan, penempatan, pengambilan keputusan instruksional, evaluasi program dan tidak ada program khusus terkait sosial emosional sehingga tidak terdapat perubahan dalam diri anak. Saran bagi sekolah yakni untuk lebih mengoptimalkan program pembelajaran individual pada anak dengan masalah perkembangan sosial emosional, seperti melakukan asesmen khusus terkait sosial emosional, perencanaan-perencanaan dengan indikator bagi anak dengan masalah perkembangan sosial emosional, metode khusus untuk menstimulasi perkembangan sosial emosional anak, dan mengadaptasi penilaian agar tidak terjadi kesenjangan dalam kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

YaaBunayya

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan ...