Journal of Physics Education and Science
Vol. 1 No. 2 (2024): Maret

Pembelajaran Berbasis Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X dalam Materi Energi

Alimuddin, Muhammad Ichsan Rafi (Unknown)
Syafi'ah, Revalina Zulfalhutfi (Unknown)
Nugraha, Muhammad Lazuardi Oktario (Unknown)
Prabowo, Raihan Muflikh (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran berbasis diskusi dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi energi dalam fisika. Dilakukan di MAN 1 Surakarta dengan subjek 4 siswa kelas X perempuan. Pre-test menunjukkan rata-rata nilai 40,25, meningkat menjadi 70,0 setelah penerapan metode diskusi. Respons siswa terhadap metode ini positif. Metode diskusi memungkinkan siswa untuk berbagi pengetahuan dan mengidentifikasi berbagai kemungkinan, serta mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Hasil post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep. Metode ini memberikan solusi bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar serta meningkatkan hasil belajar dalam fisika. Metode diskusi efektif dalam mengatasi tantangan dalam pembelajaran fisika, memungkinkan siswa untuk bertukar ide, memperdebatkan perspektif, dan membangun pemahaman yang mendalam tentang materi. Kesimpulannya, metode pembelajaran berbasis diskusi bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan minat mereka terhadap fisika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

physics

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics Other

Description

The Journal of Physics Education and Science ISSN 3031-3465 is a scholarly publication committed to advancing the understanding and practice of physics education and research. Dedicated to fostering excellence in physics education, JPES provides a platform for educators, researchers, and ...