JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan)
Vol 2, No 2 (2013)

Rancang Bangun Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan Pada Poliklinik

Widodo, Go Andre (Unknown)
Sulistiyo, Wahyu (Unknown)
Hestiningsih, Idhawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2013

Abstract

Objek pada penelitian ini adalah Poliklinik Klinikita yang berada di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Sistem manajemen hubungan antara pasien dengan poliklinik masih berupa sms secara manual dari karyawan dalam rangka memberikan layanan informasi tentang klinik dan pantauan terhadap kesehatan pasien. Dalam Tugas Akhir ini dibuat suatu sistem informasi yang digunakan untuk melakukan manajemen hubungan pelanggan secara otomatis dengan menggunakan fitur sms gateway dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan diterapkan pada website untuk pengolahan datanya. Aplikasi memuat fitur pra penjualan berupa informasi layanan Klinikita dan informasi tentang jadwal dokter. Sedangkan untuk layanan pasca penjualan diterapkan dalam bentuk sms registrasi pemeriksaaan pasien dan pesan pengingat pasien untuk memantau kesehatan pasien setelah berobat di poliklinik. Dalam pembangunan aplikasi ini digunakan metode waterfall sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP Codeigniter dengan database MySQL serta Gammu untuk menerapkan fitur sms gateway. Aplikasi ini telah berhasil dibuat dan berfungsi dengan baik. Selain itu aplikasi juga telah diuji dengan kuisioner, yang mendapatkan hasil sebesar 82.4% untuk tingkat kepuasan pengguna.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JTET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan) adalah jurnal ilmiah yang terbit tiga kali dalam setahun yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini sebagai wadah penyebarluasan ilmu dan teknologi terapan di bidang Teknik Elektro yang merupakan hasil dari penelitian dan kajian teknologi terapan ...