Indonesian Journal of Islamic Education
Vol. 2 No. 2 (2024): Edisi Agustus 2024

Efektivitas Program Student Creativity dalam Membentuk Karakter Islami Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan

Siagian, Nurul (Unknown)
Mardianto (Unknown)
Siregar, Nasrun Salim (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan program kreativitas siswa dalam membentuk karakter Islami siswa, yang dilatarbelakangi oleh fenomena terjadinya kemerosotan karakter peserta didik yang disebabkan oleh lemahnya pendidikan karakter yang ada dalam diri mereka. Perlu adanya upaya lembaga pendidikan untuk membentuk program pembiasaan yang nantinya berguna untuk menunjang dan memperbaiki kemerosotan karakter yang terjadi pada peserta didik. Maka dari itu SMP Muhammadiyah 1 Medan membentuk program student creativity sebagai wadah yang mengakomodir pembentukan karakter dalam diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat ternyata program student creativity terbukti efektif dalam membentuk karakter Islami siswa, dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang diraih di setiap perlombaan dan kejuaraan, terbentuknya nilai-nilai karakter siswa seperti kreatif, religius dan memiliki sikap yang baik kepada teman sebaya, dan juga memiliki tutur kata yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijie

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

The scope of this journal is Islamic Education that encompasses:Philosophy of Education,Teaching and Learning, Quality of Education, Teacher Education, Educational Leadership, Educational Technology, Early Childhood Education, Methods of Education, Media of Education, Evaluation of Education, ...