Analysis : Journal of Education
Vol 2 No 1 (2024)

Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembang-kan Penyesuaian Sosial Siswa Dengan Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok di Kelas VII SMP Ira Medan

Anggina, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok dalam mengembangkan penyesuaian sosial siswa, mendiskripsikan upaya guru dalam mengembangkan penyesuaian sosial siswa dengan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok dan menjelaskan faktor yang mempengaruhi teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok dalam mengembangkan penyesuaian sosial siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Guru BK sudah melaksanakan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok dengan baik, siswa dapat berdiskusi dan memahami pembahasan, memberikan argumentasi dan tidak mudah tersinggung dan mendengarkan saja, percaya diri dan pandai bergaul” (2) guru BK dalam mengembangkan penyesuaian sosial siswa dengan teknik sosiodarama melalui bimbingan kelompok dilihat dari efektifitas pelaksanaan teknik sosiodrama terlaksana secara efektif dalam mengembangkan penyesuaian sosial siswa. Factor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian siswa di sekolah terdiri atas factor internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengungkapkan segala fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

analysis

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Analysis is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...