Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koperatif tipe Team Asisted Individualization Berbantuan Peta Konsep terhadap hasil belajar pada materi pokok Listrik Dinamis Permainan disusun dari pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan pelajaran yang dirancang untuk mengetes pengetahuan yang diperoleh siswa dari penyampaian pelajaran di kelas dan kegiatan- kegiatan kelompok. Permainan itu dimainkan pada meja-meja turnamen. Setiap meja turnamen dapat diisi oleh wakil-wakil kelompok yang berbeda, namun memiliki kemampuan setara.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,71 dengan standar deviasi 9,4, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,85 dengan standar deviasi 8,23. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 68 dan = 0,05, diperoleh thitung = 0,409 dan ttabel = 1,998 sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima, dengan demikian diperoleh bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran koperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) Berbantuan Peta Konsep dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,85 dengan standar deviasi 8,9 dan kelas kontrol 64,7 dengan standar deviasi 10,6.
Copyrights © 2024