Imamah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 2 No 1 (2024)

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Akuntabilitas Keprofesionalan Guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Pegajahan

Lesmana, Gusman (Unknown)
Rahmadhani, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2024

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan memiliki andil besar menciptakan suasana kondusif yang ada dalam lingkugan kerjanya. Sedangakan guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat penting terhadap kemajuan siswa, guru juga sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan. Kepemimpinan dan Akuntabilitas Keprofesionalan Guru Bimbingan Konseling merupakan hal yang paling penting untuk proses belajar mengajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan bentuk kepemimpinan kepala sekolah dengan akuntabilitas keprofesionalan guru bimbingan konseling dalam menciptakan kinerja yang sesuai di sekolah SMAN 1 Pegajahan. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kuantitatif, yaitu menjabarkan keadaan di lingkungan sekolah berdasarkan data dan angka yang diperoleh di lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan Angket. Hasil penelitian Berkorelasi Positif. Dari tabel output SPSS diketahui nilai Sig. (2-tailed) antara Kepemimpinan Kepala Sekolah (X) dengan Akuntabilitas Profesional Guru BK (Y) adalah sebesar 0.000 < 0,005, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan akuntabilitas keprofesionalan guru BK.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imamah

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies in the field of Islamic education management. Articles published in journals are the result of research or thoughts in the field of ...