JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 7 No 2 (2024): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Juli 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN KONSEP TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 MARANCAR

Lubis, Roslian (Unknown)
Harahap, Muhammad Syahril (Unknown)
Hasibuan, Yenni Lala Hayati (Unknown)
Siregar, Rosnida (Unknown)
Nasution, Febriani Hastini (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berdasarkan konsep TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Marancar dan mengetahui kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Marancar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan diantaranya 1) lembar angket berupa angket validasi oleh ahli untuk melihat kevalidan produk dan angket repon siswa untuk melihat kepraktisan produk serta 2) lembar tes keefektifan produk yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh ahli media,ahli materi dan ahli bahasa yang kemudian dilakukan uji coba produk dengan melihat respon penggunaan produk dan hasil tes siswa berdasarkan kemampuan berpikit kreatif matematis. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kevalidan produk dengan rata-rata persentase 85% dengan kategori “Valid”, kepraktisan produk dengan rata-rata persentase 93% dengan kategori “Sangat Praktis” dan keefektifan produk dengan rata-rata persentase 91,09% dengan kategori “ Sangat Efektif”. Kata kunci: Media Pembelajaran, konsep TPACK, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...