Tuah Riau Journal
Vol. 1 No. 2 (2022): September

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Kerjasama PAI Peserta Didik SMP Negeri Rengat

Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adalah sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. Pembelajaran Berbasis Proyek dapat dikatakan sebagai operasionalisasi konsep “Pendidikan Berbasis Produksi” yang saat ini telah dikembangkan dan diimplementasikan di sekolah-sekolah menengah. Tujuan dari penerapan model pembelajaran ini diantaranya adalah meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan kerjasama peserta didik dalam memecahkan masalah dalam suatu kelompok belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1). Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan 2). Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Kerjasama PAI peserta didik SMP Negeri Rengat. Penelitian ini digolongkan penelitian lapangan dan jenisnya eksperimen. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana hanya diambil 4 kelas dengan jumlah 101 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil Uji-t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan motivasi belajar dan kemampuan kerjasama PAI peserta didik SMP Negeri Rengat dengan taraf signifikansi < alpha 5% yaitu 0,000 < 0,05

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arj

Publisher

Subject

Education

Description

Tuah Riau : Jurnal Pengembangan Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Fokus menyajikan naskah ilmiah tentang Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMK dan Madrasah). Lingkup materi berasal dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ...