Ghiroh
Vol 3 No 1 (2024)

Analisis Keterkaitan Antara SKL, KI, KD IPK, Materi Pemembelajaran, Proses Pembelajaran dan Rencana Penilaian

Sukma Eka Wijaya (Unknown)
Kusen (Unknown)
Beni Azwar (Unknown)
Asri Karolina (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa bagaimana Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), materi pelajaran, proses pembelajaran, dan rencana penilaian dalam konteks pendidikan berhubungan satu sama lain. Penelitian ini menjelaskan betapa pentingnya memahami komponen-komponen ini secara menyeluruh dan terintegrasi ketika merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tuntutan zaman. Penelitian ini menunjukkan peran guru dalam menerjemahkan kurikulum ke dalam praktik pembelajaran dan bagaimana pentingnya bekerja sama dan mendukung semua yang terlibat. Hasil analisis akan membantu guru membuat materi pelajaran, mengatur waktu, dan memilih metode penilaian yang tepat. Proses pembelajaran dapat menjadi lebih terorganisir dan berfokus pada pencapaian keterampilan yang diharapkan. Untuk menjamin pendidikan berkualitas tinggi dan memenuhi kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman, sangat penting untuk melakukan penelitian dan diskusi tentang hubungan antara komponen pendidikan ini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ghiroh

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal ilmiah pendidikan agama Islam diterbikan oleh Musyawah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Bintan (MGMP PAI SMP BINTAN). Jurnal ini menerika naskah artikel yang memuat kajian tentang studi Islam, pendidikan agama Islam dan ilmu pendidikan. GHIROH ...