Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Vol 2 No 1 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Tutor Sebaya Pada Materi Pokok Syarat Sah Sholat

Marpaung, Irma Safrida (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tutor sebaya merupakan pembelajaran yang mandiri, karena siswa menggantikan fungsi guru untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan belajar. Adapun tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yaitu dalam hal meningkatkan prestasi dan motivasi belajar anak. Tutor sebaya pada dasarnya merupakan metode pembelajaran yang menuntut adanya partisipasi aktif dari peserta didik dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Terdapat beberapa prinsip dalam metode tutor sebaya yang perlu diketahui agar proses belajar siswa menjadi aktif. Kriteria Tutor Sebaya untuk menjadi seorang tutor terdapat beberapa kriteria yang diperlukan, yaitu: Dapat diterima atau disetujui oleh siswa yang mendapat program perbaikan sehingga sisa tidak mempunyai rasa takut atau enggan untuk bertanya kepadanya. Dapat menerangkan bahan-bahan materi yang dibutuhkan siswa yang berkesulitan.Tidak tinggi hati atau keras hati terhadap sesama teman. Mempunyai daya kreatifitas yang cukup untuk memberikan bimbingan kepada temannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of ...