Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Vol 2 No 2 (2024)

Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Time Token Pada Mata Pokok Perilaku Terpuji

Ridwan, Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penerapan model pembelajaran time token dilaksanakan dengan cara membagikan beberapa kupon untuk seluruh siswa dengan nilai 10 atau 15 detik waktu bicara. Setiap kali berbicara siswa harus menyerahkan satu kupon kepada guru. Bagi siswa yang telah habis kuponnya tidak diperkenankan untuk berbicara lagi. Time Token adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif. Siswa dibentuk ke dalam kelompok belajar, yang dalam pembelajaran ini mengajarkan keterampilan sosial untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau menghindarkan siswa diam sama sekali dalam berdiskusi. Guru memberikan materi pembelajaran dan selanjutnya siswa bekerja dalam masing-masing untuk memastikan semua anggota kelompok telah menguasai materi pembelajaran yang diberikan. Kemudian, siswa melaksanakan tes atas materi yang diberikan dan mereka harus mengerjakan sendiri tanpa bantuan siswa lainnya.Model pembelajaran ini mengajak siswa aktif sehingga tepat digunakan dalam pembelajaran berbicara dimana pembelajaran ini benar-benar mengajak siswa untuk aktif dan belajar berbicara di depan umum, mengungkapkan pendapatnya tanpa harus merasa takut dan malu. Model ini diperkenalkan oleh Arends pada tahun 1998. Pembelajaran ini merupakan struktur yang dapat digunakan untuk mengajar keterampilan sosial. Selain itu, juga untuk menghindari siswa mendominasi pembelajaran atau siswa diam sama sekali

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of ...