PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Mulitkultural
Vol. 2 No. 1 (2024): Terbitan ke 3

Efektivitas Teknik Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Kelas X SMK Minqothroul Ulum Gumukmas Jember

Saadah, Vina (Unknown)
Rahmawati, Weni Kurnia (Unknown)
Ulwiyah, Imaratul (Unknown)
Ulfa, Noviana Mariatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektifitas Teknik Reframing Dalam Meningktkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Kelas X SMK MIN-QU. Jenis Penelitian ini Pretest – Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa,10 orang siswa kelas X A sebagai kelompok eksperimen dan 10 siswa kelas X B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitin ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir positif siswa meningkat setelah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik reframing.teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling.instrumen yang digunakan berupa panduan yang sudah diuji skala yang terdiri dari 60 item.hasil analisis data menggunakan uji realibilitas Hasil pengujian reliabilitas instrumen diatas menunjukkan nilai cronbach alpha sebesar 0,796 diinterpretasikan pada rentang 0.60 < r ? 0,799 yang artinya data tersebut berada dalam kategori reliabilitas kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandalungan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Penelitian Pendidikan, Penerapan Bimbingan dan Konseling di dunia pendidikan; Kesehatan Mental; Penilaian atau Pengawasan dalam Konseling; dan Konseling ...