Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 4, Nomor 1 Maret 2024

Peranan Pengurus OSIS Dalam Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa Di SMAN 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar

Azzahra, Rafiqah (Unknown)
Sadriani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peranan pengurus OSIS dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa di SMAN 1 Campalagian dan 2) Faktor pendukung dan penghambat pengurus OSIS dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa di SMAN 1 Campalagian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 14 orang (11 pengurus OSIS dan 3 siswa bukan pengurus OSIS) yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu: 1) Siswa yang masuk OSIS di SMAN 1 Campalagian, 2) Siswa pengurus OSIS yang memiliki jabatan sebagai anggota inti dan perwakilan tiap seksi, 3) Siswa bukan pengurus OSIS di SMAN 1 Campalagian pada tingkat kelas X, XI dan XII masing-masing perwakilan 1 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peranan pengurus OSIS dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa, yaitu: a) Sebagai fasilitator melaksanakan kegiatan sosial, b) Sebagai motivator, dan c) Sebagai pencegah perilaku menyimpang. 2) Faktor pendukung pengurus OSIS dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa di SMAN 1 Campalagian yaitu: a) dukungan pihak terkait, dan b) sarana dan prasarana yang memadai sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) keterbatasan waktu dan b) pola perilaku siswa. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...