Literatur : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol. 6 No. 1 (2024): LITERATUR : Jurnal Bahasa dan Sastra

Pengaruh Metode Menulis Berantai terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Atas

Safira, Ulfa (Unknown)
Nissa, Friskha Wilda (Unknown)
Tiyas, Echa Anggraining (Unknown)
Yaqin, Moh. Ainul (Unknown)
Ulfah, Warniatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode menulis berantai terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cot Girek. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan quasi eksperimental designs (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan berupa tes menulis cerita pendek dan lembar penilaian. Penelitian dilakukan pada kelas XI dengan jumlah populasi sebanyak 164 siswa dan sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling yaitu dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini yaitu nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebanyak 75,59 yang sudah memenuhi KKM dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebanyak 70,2 yang belum memenuhi KKM. Hasil uji t juga membuktikan bahwa penelitian yang dilakukan oleh peneliti dikatakan berhasil karena nilai signifikansi < nilai alpha (0,047 < 0,05), dan t hitung > t tabel (2.031 > 1.675) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Peneliti menyimpulkan bahwa metode menulis berantai efektif terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cot Girek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

literatur

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This literature journal is published by the Department of Tadris Indonesian Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Lhokseumawe. This journal is named LITERATUR: Language and Literature which was chosen as an effort to keep language skills as the foundation for the development of language and ...