Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran education game dan mengetahui peningkatan prestasi siswa kelas XI TKR SMK N 1 Puring, Kebumen pada pembelajaran sistem pengisian dan identifikasi komponen-komponennya yang menggunakan education game. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, lembar tes validasi dan soal(pretest-posttest). Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan membandingkan hasil uji penerapan pretest-posttest antara kelas yang menggunakan media education game dan kelas yang tidak menggunakan media education game. Pendekatan penelitian pengembangan yang meliputi beberapa tahap yaitu dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan produk dengan persentase kelayakan: 79,83% menurut ahli media, 88,46% menururt ahli materi, 92,45% menurut guru, dan 83,22% menurut siswa. Media pembelajaran dengan education game telah teruji keefektifannya dengan hasil nilai rata-rata kelas dengan media education game lebih tinggi dibanding kelas yang tidak menggunakannya.
Copyrights © 2014