Abdi Laksana
Vol 2 No 1 (2021): Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PELATIHAN MANAJEMEN BAGI PENGURUS POSYANDU BUNGA TANJUNG 1 DI WILAYAH RW 10 PERMATA MANSION, KOTA DEPOK

Ajimat, Ajimat (Unknown)
Widodo, Sugeng (Unknown)
Marayasa, I Nyoman (Unknown)
Sugiarti, Endang (Unknown)
Tumanggor, Rahmayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

Posyandu sebagai sebuah wadah kegiatan di masyarakat. Mitra dalam program ini adalah Posyandu Tanjung 1 di Wilayah RW 10 Permata Mansion, Kota Depok. Masalah utama yang dihadapi oleh mitra adalah manajemen posyandu yang dimiliki oleh pengelola posyandu masih kurang bagus. Hal ini mengakibatkan masyarakat di sekitar RW 10 Permata Mansion masih jarang yang datang ke Posyandu tersebut. Adanya manajemen yang masih kurang bagus dari para pengurus Posyandu Bunga Tanjung 1 ini memberikan dampak yang tidak baik bagi anggota masyarakat yang enggan datang ke Posyandu untuk menimbangkan anaknya ataupun melaksanakan kegiatan kesehatan yang lainnya. Permasalahan lain yang dihadapi oleh mitra adalah adanya ketidakpahaman dari pengurus Posyandu Tanjung 1 di RW 10 Permata Mansion Depok tidak memiliki perencanaan yang matang untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam upaya untuk mengajak masyarakat agar datang ke posyandu. Hal tersebut tentunya berdampak pada ketidakpastian kegiatan kesehatan yang dikelola oleh posyandu Bunga Tanjung 1 di RW 10 Permata Mansion sehingga masyarakat menjadi tidak tertarik untuk datang ke Posyandu Bunga Tanjung 1 di Permata Mansion Depok. Oleh karena itu, perlu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi pengelola Posyandu Tanjung 1 di Wilayah RW 10 Permata Mansion, Kota Depok, sehingga dapat terselesaikan dengan baik dan tepat. Upaya yang hendak kami lakukan sebagai bentuk penyelesaian terhadap permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah dengan memberikan penyuluhan kepada pengurus posyandu terkait dengan pentingnya manajemen posyandu sehingga kegiatan posyandu dapat berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu, kami juga menawarkan solusi untuk mitra dengan melakukan pendampingan secara maksimal kepada seluruh pengurus posyandu sehingga mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAL

Publisher

Subject

Description

Merupakan jurnal ilmiah dari hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen. Jurnal ini dikemas secara padat dan berisi, sehingga mudah dipahami oleh pembaca dari kalangan akademis dan umum. Jurnal ini merupakan implementasi hasil penelitian. Abdi Laksana adalah Jurnal Pengabdian Kepada ...