JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling
Vol 2, No 2 (2024): Agustus 2024

Meningkatkan Motivasi Belajar Perserta Didik Melalui Media Pembelajaran Powtoon pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII.5 SMPN 38 Palembang

Cahyani, Olga Indah (Unknown)
Alfiandra, Alfiandra (Unknown)
Hasdawaty, Ervinna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Teknologi dalam dunia pendidikan berkembang sangat cepat, pendidik di tuntut untuk bisa memanfaatkan ragam media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar perserta didik menggunakan media powtoon kelas VIII.5 di SMPN 38 Palembang. Penelitian ini menggunakan subjek yaitu perserta didik kelas VIII.5 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas , Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya media pembelajaran powtoon dapat meningkatkan motivasi perserta didik dilihat dari pelaksanaan tindakan pada pembelajaran dari observasi awal didapat tingkat motivasi perserta didik pada siklus ke I sebesar 54% dengan interpretasi motivasi cukup, kemudian mengalami peningkatan pada siklus ke 2 sebesar 75% dengan interpretasi motivasi tingggi dengan demikian bahwa penggunaan media pembelajaran powtoon memiliki peningkatan motivasi belajar perserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jamparing

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Physics Social Sciences

Description

JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang; 1. Akuntansi 2. Ekonomi 3. Bisnis 4. Manajemen 5. Pajak 6. Pariwisata 7. Sosial-Budaya 8. Pendidikan/Pembelajaran 9. ...