Biotik
Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Biotek

PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN PSIKOMOTORIK PADA PESERTA DIDIK

Nur, Sri Mukminati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat penilaian psikomotorik ditinjau dari kepraktisan. Penelitian ini adalah pengembangan perangkat dengan menggunakan model riset pengembangan tipe formatif research. Pada penelitian menggunakan satu kelas sebagai subjek penelitian dan satu kelas ujicoba small group dimana jumlah siswa pada small group hanya 20 peserta didik sedangkan pada subjek penelitian terdiri atas 40 peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar validasi instrumen, angket respon guru, lembar instrumen keterlaksanaan dan kepraktisan lembar kerja siswa dan tugas kinerja siswa. Lembar validasi instrumen digunakan untuk memperoleh data tentang kevalidan instrumen, angket respon guru untuk memperoleh data kepraktisan tentang penggunaan perangkat penilaian kinerja, instrumen keterlaksanaan dan keterlayakan untuk memperoleh data kepraktisan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian kinerja peserta didik pada materi pokok sistem ekskresi telah memenuhi kriteria kualitas perangkat pembelajaran, yaitu: kepraktisan, analisis keterlaksanaan perangkat penilaian kinerja diperoleh rata-rata total 3,5 berada pada kategori “sebagian besar terlaksana” (3,5 ≤ T ≥ 4,5) dan penilaian kelayakan perangkat penilaian kinerja 3,75 berada pada kategori “sangat layak”  Kesimpulan Pengembangan perangkat penilaian kinerja peserta didik pada materi pokok sistem ekskresi dengan model pengembangan tipe formatif research dengan tiga tahap yaitu: 1) self evaluation 2) prototyping 3) field test dan perangkat ini memenuhi kriteria kepraktisan

Copyrights © 2015