Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Vol 1, No 1 (2016): Agustus 2016

STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG TRADISIONAL DALAM MENGHADAPI PASAR MODERN DI KOTA TEBING TINGGI SUMATERA UTARA

., Bobby Sanjaya (Unknown)
Fuadi, Alfi Syahril (Unknown)
., Zulfadhli . (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2016

Abstract

Abstrak   Penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran Pedagang Tradisional dalam Menghadapi Pasar Modern di Kota Tebing-Tinggi Sumatera Utara” peneltitian ini mengangkat bagaimana strategi pedagang pakaian di pasar bunga dalam menghadapi pasar modern. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pedagang pakaian di pasar bunga dalam menghadapi pasar modern. Objek dalam penelitian ini adalah data-data primer yang berhubungan dengan usaha pedagang dalam memasarkan dagangannya. Sedangkan subjek dalam penelitian ini ialah para pedagang pakaian yang berada di pasar bunga. Dalam penelitian ini data-data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu data-data yang didapatkan diolah dan dijelaskan serta digambarkan dalam bentuk kata-kata.  Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa strategi yang paling banyak digunakan pedagang dalam menghadapi pasar mdoern yaitu pelayanan, produk,dan price. Adapun kendala yang dihadapi pedagang terdiri dari 2 faktor yaitu ekstern dan intern, faktor eksternnya meliputi  kurangnya pegawai sehingga ada konsumen yang tidak dilayani terlebih pada masa puasa dan mulai sekolah setelah libur panjang. Sedangkan faktor eksternnya meliputi kondisi drainase pasar bunga yang tidak bagus jadi jika ada hujan lebat maka pasar bunga akan banjir, selanjutnya persaingan dari pasar modern yang memberikan inovasi-inovasi sehingga membuat masyarakat menarik seperti halnya discount,permainan anak-anak,hiburan artis ibukota dan lain-lain.  Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pedagang Tradisional, Pasar Modern

Copyrights © 2016