TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam
Vol 7 No 1 (2024): January

IMPLEMENTASI P5 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DI SDN SUMBERAGUNG BRONDONG

Suradji, Muchamad (Unknown)
Latifah, Elisah Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2024

Abstract

Media sosial tiktok dalam penggunaannya saat ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. terutama dikalangan siswa sekolah dasar, sehingga menggiring banyak opini negative maupun positif dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan P5 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap penggunaan media sosial tiktok. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5, guru kelas, dan wali murid di SDN Sumberagung Brondong. data mengenai implementasi P5 dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap penggunaan media sosial tiktok dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media sosial tiktok dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran P5 yang merupakan program wajib dalam kurikuluk merdeka. Selain itu, penggunaan media sosial aplikasi tiktok juga dapat berdampak terhadap meningkatnya pengetahuan dan kreatifitas peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

talim

Publisher

Subject

Education Other

Description

TA‘LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam published by Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Darul' Ulum Lamongan. TA‘LIM Journal that focus studies on Islamic Education. This journal is published twice a year in January and July. ...