TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam
Vol 7 No 2 (2024): July

KONSEP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) (ANALISIS DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH)

Azhari, Putri (Unknown)
Shinta, Jeesica (Unknown)
Daris, Ahmad (Unknown)
Nurfadillah, Annisa (Unknown)
Ramadhan, Syahru (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konsep Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) (analisis dampaknya terhadap sikap moderasi beragama peserta didik di Sekolah). Dalam konteks pendidikan, penguatan profil Pancasila memiliki dampak yang signifikan terhadap pembentukan sikap moderasi beragama peserta didik di sekolah. Dalam upaya memastikan keberlangsungan harmoni dan kerukunan antarumat beragama, penguatan profil Pancasila (P5) menjadi tonggak penting yang menggerakkan pendidikan untuk menjadi garda terdepan dalam mendorong sikap moderasi beragama di kalangan peserta didik di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan (Library Study). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Profil Pembelajaran Pancasila (P5) juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap moderasi beragama siswa di sekolah, seperti meningkatkan kesadaran beragama siswa, sehingga mereka dapat lebih toleran dan menghargai perbedaan agama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

talim

Publisher

Subject

Education Other

Description

TA‘LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam published by Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Darul' Ulum Lamongan. TA‘LIM Journal that focus studies on Islamic Education. This journal is published twice a year in January and July. ...