Tata guna lahan dengan arus lalu lintas yang cukup tinggi seringkali menyebabkan kepadatan arus lalu lintas terutama pada jam – jam sibuk. Pada penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja ruas jalan Kapten Mulyadi Kota Surakarta dan mencari hambatan samping yang secara signifikan mempengaruhi kecepatan kendaraan pada saat weekdays dan weekends. Data yang digunakan yaitu geometri jalan, arus lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan hambatan samping. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis untuk mendapatkan kinerja lalu lintas menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023) dan dilakukan analisis regresi linier untuk mengetahui hambatan samping yang secara signifikan mempengaruhi kecepatan kendaraan. Berdasarkan hasil perhitungan analisis kinerja ruas Jalan Kapten Mulyadi menggunakan PKJI 2023 menunjukkan kinerja yang masih baik, dengan nilai derajat kejenuhan tidak lebih dari 0,83. Berdasarkan hasil analisis regresi, pada hasil nilai p didapatkan hambatan samping yang secara signifikan mempengaruhi kecepatan kendaraan pada jalan Kapten Mulyadi yaitu kendaraan keluar-masuk.
Copyrights © 2024