Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains
Vol 4 No 2 (2024): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS

IMPLEMENTASI PROGRAM MEMBACA AL-QURAN SEBELUM MEMULAI MATA PELAJARAN

Surya, Aldi (Unknown)
Fanreza, Robie (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu Untuk Mengetahui perencanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Untuk Mengetahui pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan, Untuk Mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan program membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa implementasi program pembiasaan tadarus Al- Qur’an di MTs Persiapan Negeri 4 Medan saat ini menghasilkan dampak positif bagi peserta didik diantaranya yaitu: Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang bernuansa islami dan lebih mencintai Al- Qur’an, siswa siwi MTs Persiapan Negeri 4 Medan terlihat semakin berdisiplin,setelah bertadarus Al- Qur’an hati menjadi tenang, mudah dalam menghafal dan melantunkan ayat Al- Qur’an, kemampuan membaca Al- Qur’an dan beribadah siswa siswi MTs Persiapan Negeri 4 Medan perlahan mengalami peningkatan dengan diterapkannya program Habitual Curriculum. Alokasi waktu pelaksanaan kegiatan tadarus Al- Qur’an di sekolah selama 20 menit kemudian 10 menit dilanjutkan dengan sholat Dhuha berjamaah di lapangan sekolah. Faktor pendukung implementasi program pembiasaan Al-Qur’an tersebut diantaranya yaitu: fasilitas kegiatan yang memadai, motivasi dan perhatian dari dewan guru, kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an berbeda-beda dan diterapkannya program habitual curriculum. Selain dari adanya faktor pendukung yang terdapat pula faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan tadarus Al-Qur’an di MTs Persiapan Negeri 4 Medan diantaranya yaitu: siswa masih kurang berdisiplin, kurang pengawasan lebih, dan kurang menghargai waktu. Kata Kunci : Implementasi; Pembiasaan; Membaca Al- Quran. ABSTRACT The purpose of this study is to find out the planning of the Al-Qur'an reading program before the lesson starts at MTs Preparation Negeri 4 Medan, to find out the implementation of the Al-Qur'an reading program before lessons start at MTs Preparation Negeri 4 Medan, to find out the inhibiting factors in the implementation Al-Qur'an reading program before lessons start at MTs Preparation Negeri 4 Medan. This study uses a qualitative method. Based on the results of observations, interviews and documentation that the implementation of the Al-Qur'an recitation habituation program at MTs Preparation Negeri 4 Medan is currently producing positive impacts for students including: Creating an atmosphere in the school environment that is Islamic and loves the Al-Qur'an more, students of MTs Preparation Negeri 4 Medan look more disciplined, after studying the Qur'an their hearts become calm, it is easy to memorize and recite verses from the Al-Qur'an, the ability to read the Qur'an and worship the students of MTs Negeri 4 Medan slowly increased with the implementation of the Habitual Curriculum program. The time allocation for carrying out Al-Qur'an tadarus activities at school is 20 minutes, then 10 minutes followed by Dhuha prayers in congregation in the school field. Factors supporting the implementation of the Al-Qur'an habituation program include: adequate activity facilities, motivation and attention from the teacher council, students' ability to read the Al-Qur'an varies and the implementation of the habitual curriculum program. Apart from the supporting factors, there are also inhibiting factors in the implementation of Al-Qur'an recitation activities at MTs Preparation Negeri 4 Medan, including: students are still less disciplined, lack more supervision, and do not respect time. Keywords: Implementation, Habituation and Reading Al-Quran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...