Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 3 No. 3 (2024): Mei 2024

Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas Rendah SD Menggunakan Teknik Analogi Kata Dasar melalui LKPD

Safaruddin (Unknown)
Nurfadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian ini betujuan mendeskripsikan: 1) prosedur perencanaan kegiatan belajar-mengajar keterampilan membaca permulaan melalui teknik analogi kata dasar siswa kelas 2 SD Negeri 20 Kendari; 2) prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui teknik analogi kata dasar menggunakan media LKPD sederhana siswa kelas 2 SD Negeri 20 Kendari; 3) besaran ketuntasan pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui teknik analogi kata dasar menggunakan media LKPD sederhana siswa kelas 2 SD Negeri 20 Kendari per siklus. Penelitian tindakan kelas ini didasarkan kepada masih rendahnya hasil belajar membaca kata dasar yang berisi konsonan ganda [ny] dan [ng]. Subjek penelitian ini adalah para siswa kelas 2 SD Negeri 20 Kendari yang belum tuntas dalam pembelajaran keterampilan membaca kata dasar berkonsonan [ng] dan [ny]. Merela berjumlah 18 dari 26 siswa. Data pembelajaran dikumpulkan menggunakan instrumen rekaman audio-video di aplikasi HP. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes unjuk kerja yakni keterampilan membaca permulaan. Daftar cek-ricek dipakai untuk memvalidasi hasil skor data mentah dan hasil analisis data kegiatan belajar-mengajar secara internal. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur perencanaan pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui teknik analogi kata dasar mencakup seperangkat kegiatan belajar-mengajar; 2) prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui teknik analogi kata dasar; 3) adanya 11 siswa tuntas pada siklus-1 dan 7 siswa tuntas di siklus-2 pada KKM 70,00.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...