Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 5 SD; 2) keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD; 3) korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD. Penelitian dilakukan di SD Negeri Normal, Desa Normal, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan penelitian berlangsung di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 SD yang mengikuti tes keterampilan membaca pemahaman dan tes keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD. Para siswa kelas 5 berjumlah 10 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes keterampilan membaca pemahaman dan tes keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD. Untuk mencapai tujuan pertama dan rumusan masalah kedua digunakan prosedur mean dan persen. Untuk mencapai tujuan ketiga digunakan statistik inferensial nonparametrik yakni uji korelasi jenjang. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 5 SD berkategori sedang; 2) keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD berkategori sedang; 3) korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD berkategori sedang.
Copyrights © 2024