Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 3 No. 3 (2024): Mei 2024

Hubungan antara Keterampilan Membaca Pemahaman dan Penguasaan Matematika Indikator Aritmatika Sosial

Aminah (Unknown)
Magal, Marselina (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 5 SD; 2) keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD; 3) korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD. Penelitian dilakukan di SD Negeri Normal, Desa Normal, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan penelitian berlangsung di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 SD yang mengikuti tes keterampilan membaca pemahaman dan tes keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD. Para siswa kelas 5 berjumlah 10 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen tes keterampilan membaca pemahaman dan tes keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD. Untuk mencapai tujuan pertama dan rumusan masalah kedua digunakan prosedur mean dan persen. Untuk mencapai tujuan ketiga digunakan statistik inferensial nonparametrik yakni uji korelasi jenjang. Hasil penelitian: 1) keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 5 SD berkategori sedang; 2) keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD berkategori sedang; 3) korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan matematika indikator aritmatika sosial siswa kelas 5 SD berkategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...