Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Vol. 3 No. 01 (2024): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren

Pembelajaran di Luar Kelas: Menyelami Pengalaman Pembelajaran yang Dinamis dan Beragam untuk Siswa Sekolah Dasar

Sari, Mitha Rahma (Unknown)
Aswat, Hijrawatil (Unknown)
Aswat, Agusalim (Unknown)
Rahim, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi strategi pembelajaran di luar kelas pada siswa kelas IV SD Negeri Kulati, Kabupaten Wakatobi. Dengan menggunakan metode observasi dan wawancara, penelitian ini mencatat langkah-langkah persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut dari guru kelas IV. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi pembelajaran di luar kelas melibatkan pemilihan tema, penentuan tempat, menentukan waktu, dan penyusunan RPP. Pembelajaran di luar kelas tidak hanya memberikan siswa pemahaman yang lebih dalam tentang materi, tetapi juga melibatkan mereka dalam kegiatan seperti observasi, diskusi kelompok, dan evaluasi. Dengan menerapkan teori-teori belajar, seperti teori konstruktivisme dan teori pembelajaran kooperatif, pembelajaran di luar kelas dapat meningkatkan pemahaman siswa melalui pengalaman langsung. Kesimpulannya, pembelajaran di luar kelas dapat menjadi sarana efektif untuk mengembangkan keterampilan siswa dan memperluas wawasan mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PBPSP

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, ...